Piagam Penghargaan dari Mendikbud Anies Baswedan untuk SMK Al-Fathimiyah

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Fathimiyah memperoleh Piagam Penghargaan dari Mendikbud Anies Baswedan. Piagam tersebut diberikan terkait pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2015, yakni Indeks Integritas penyelenggaraan UN (IIUN) 2015. Dalam piagam yang ditanda-tangani langsung oleh Mendikbud Anies Baswedan itu, SMK Al-Fathimiyah memperoleh nilai IIUN 81,17. Nilai tersebut masuk kategori tinggi.

Disadur dari website kemdikbud.go.id, Indeks Integritas Ujian Nasinal merupakan hasil gambaran tingkat kejujuran sekolah, Kabupaten dan Kotamadya, serta Provinsi dalam melaksanakan dan menjawab soal-soal Ujian Nasional. Semakin tinggi nilai indeksnya, maka semakin tinggi kejujuran sekolah, kabupaten dan kotamadya, serta provinsi dalam melaksanakan ujian nasional.

Dan, bagaimanakah  kriteria penilaian Indek Integritas Ujian Nasional? Nilai Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) mencerminkan tingkat kejujuran peserta dalam mengerjakan soal UN.

Pada tingkat sekolah kriteria yang digunakan merupakan tingkat persentase jawaban siswa yang tidak menunjukkan pola kecurangan. Kecurangan yang diukur adalah gabungan persentase contek-mencontek antar siswa (kecurangan antar individu) dan persentase keseragaman pola jawaban soal Ujian Nasional (kecurangan sistemik/terorganisir) dalam suatu sekolah. Pada tingkat kabupaten/kota menunjukkan rata-rata IIUN tingkat sekolah di kabupaten/kota tersebut. (*)



Dapatkan pemberitahuan update konten via email

Risalah Al-Fathimiyah