Tentang Yaspiyah Publishing, Divisi Penerbitan Yayasan Al-Fathimiyah


Yaspiyah Publishing adalah sebuah divisi atau unit kerja Yayasan Pendidikan Islam Al-Fathimiyah (Yaspiyah), yang secara khusus menangani perihal dokumentasi dan publikasi karya-karya ilmiah dari para stake holders Yaspiyah. Bicara tentang penerbitan independen, maka tepatlah kiranya jika mendefinisikan Yaspiyah Publishing sebagai salah satu contoh dari self publishing yang belakangan mulai marak di Indonesia.

Pada mulanya Yaspiyah Publishing diproyeksikan bersifat eksklusif untuk mendukung penyebaran misi edukatif dan tradisi akademik Yaspiyah. Namun, seiring dengan eksistensi yang semakin dikenal luas, maka Yaspiyah Publishing kemudian bersifat terbuka bagi para pihak yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan Yaspiyah untuk sama-sama berkarya dalam bidang penerbitan.

Secara konseptual, lingkup kerja Yaspiyah Publishing adalah bergerak di bidang kreatif. Beberapa hal utama yang menjadi concern dari Yaspiyah Publishing adalah penyusunan dan penerbitan buku umum, dan buku khusus (seperti modul, buku panduan, buku saku, buku Yasin, buku pelajaran sekolah), buletin jumat, news letter, company profile, media internal, termasuk jasa untuk desain dan produksi materi promosi (brosur, leaflet, pamflet, spanduk, banner).

Karena pada mulanya bersifat eksklusif untuk Yayasan Al-Fathimiyah, maka selama ini karya yang dihasilkan oleh Yaspiyah Publishing lebih banyak berupa materi untuk dipergunakan secara internal. Misalnya, penerbitan buku pengantar (modul) pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk madrasah tsanawiyah, pelajaran IPS, dan pelajaran lainnya.

Penerbitan buku khusus juga kerap dilakukan oleh Yaspiyah Publishing. Beberapa di antaranya adalah buku Materi Konferensi Cabang PCNU Ke-19, buku Kumpulan Hasil Bahtsul Masail PCNU Karawang Periode 2007-2012, dan Buku Panduan Istighotsah.

Fakta bahwa perkembangan media sudah sedemikian pesatnya, maka Yaspiyah Publishing pun mengekspansi bidang kompetensinya menjadi tak hanya menangani media-media kontemporer yang sifatnya tercetak (printed media), melainkan juga menggarap media-media kekinian yang bersifat digital dan online (internet). Misalnya, menerima jasa desain dan hosting website, optimasi blog dan media sosial untuk tujuan kampanye atau promosi produk, dan membentuk brand image atau citra perusahaan dan organisasi dengan tujuan-tujuan tertentu.

Dapatkan pemberitahuan update konten via email

Risalah Al-Fathimiyah