Pendaftaran Dimulai Juni 2016, Ini Cara Miliki E-Kartanu

Kartanu adalah akronim dari Kartu Tanda Anggota Nahdlatul Ulama. Kartu ini merupakan kartu identitas yang dimiliki oleh setiap warga NU. Dalam perkembangannya, kehadiran Kartanu dimaksudkan bukan hanya hadir sebagai penanda atau identitas saja, namun lebih dari itu Kartanu terus dikembangkan dalam rangka memudahkan warga NU dan juga sekaligus sebagai sebuah bentuk khidmat dan pelayanan keummatan. Kartanu akan diluncurkan pada Juni 2016.

Pada tahap pertama Kartanu akan diluncurkan serempak di 30 Kabupaten/kota. Pendaftaran Kartanu tahap pertama di 30 kabupaten/kota bisa dilakukan melalui Kantor PCNU atau melalui Kantor Cabang Bank Mandiri. Info lebih lanjut klik www.kartanu.com.

Bagi warga NU yang beridentitas di luar 30 kabupaten/kota (tahap pertama) bisa mendaftarkan diri untuk menjadi member E-Kartanu sebelum mendapatkan Kartanu.

E-Kartanu adalah Kartanu Elektronik berbasis Android dan IOS yang dapat diunduh secara gratis melalui app store dan play store. Melalui E-Kartanu warga NU bisa melakukan transaksi-transaksi yang memudahkan seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik, pembayaran PDAM, dan pembayaran-pembayaran lainnya. 

Melalui E-Kartanu warga juga bisa menabung untuk keperluan masa depannya. Dalam menunjang fitur ini PBNU akan melibatkan lembaga-lembaga NU terkait, sesuai bidang masing-masing. Misalnya Tabungan Zakat (Tazak), Tabungan Kurban (Takur), dan juga Tabungan Infaq dan Shadaqah maka akan berhubungan dengan LAZISNU, Tabungan Wakaf (Tawaf) akan berhubungan dengan Lembaga Wakaf NU (LWPNU). 

Sementara untuk Tabungan Haji dan Umroh (Tahur) akan berhubungan dengan Lembaga Dakwah NU (LDNU) dan juga Asosiasi Bina Haji NU (ASBIHU NU). Adapun program Gerakan Infak dan Shodaqoh Masjid (Gismas) berhubungan dengan Lembaga Ta’mir Masjid NU (LTMNU) dan lain sebagainya.

Berikut alur pendaftaran E-Kartanu:

Melalui Aplikasi E-Kartanu
1. Download Aplikasi E-KartaNU via Android atau IOS
2. Isi dan lengkapi data
3. Anda telah terdaftar sebagai pemegang E-Kartanu

Melalui Situs www.kartanu.com
1. Login ke www.kartanu.com
2. Pilih menu daftar. Isi dan Lengkapi data
3. Anda telah terdaftar sebagai pemegang E-Kartanu

Melalui SMS
1. Ketik kartanu (spasi) daftar (Spasi) NomorKTP#nama#NomorHP kirim ke 99333, biaya per SMS 500 rupiah.
2. Anda akan mendapatkan balasan SMS berupa User dan Akses
3. Anda telah terdaftar sebagai pemegang E-Kartanu

(Fariz Alniezar/Fathoni)

Dapatkan pemberitahuan update konten via email

Risalah Al-Fathimiyah