Pondok Pesantren (Ponpes) Putra dan Putri Al-Fathimiyah

Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fathimiyah adalah lembaga pendidikan yang mula-mula berdiri di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Al-Fathimiyah, bersama-sama dengan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Fathimiyah. Secara garis besar metode pendidikan di Ponpes Al-Fathimiyah adalah penggabungan antara metode pendidikan modern dan tradisional.

Penggabungan dua metode ini didasarkan pada tuntutan zaman, bahwa, kita tidak dapat mengelak dari tantangan, perkembangan, dan kemajuan zaman dengan segala perniknya, tetapi juga kita sepatutnya tidak melepaskan nilai-nilai tradisional yang biasanya mengajarkan tentang nilai-nilai luhur budaya dan agama.

Di Ponpes Al-Fathimiyah, santriwan dan santriwati selain mendapatkan pendidikan formal dari lembaga-lembaga pendidikan di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Al-Fathimiyah, juga akan mendapatkan pendidikan yang bersumber dari literatur kitab-kitab klasik karangan ulama-ulama Islam yang telah mafhum dan masyhur kadar keilmuannya. Misalnya, mereka akan mempelajari Ilmu Tata Bahasa Arab (dengan kitab utama Jurumiyah), Ilmu Tauhid (Tijaanuddarori), Ilmu Akhlak (Akhlak Lilbanin), Fiqih (Safinah), Hadits (Hadits Arba’in).

Perpaduan antara yang klasik dengan yang modern itu disampaikan melalui serangkaian kegiatan (jadwal) sehari-hari santriwan dan santriwati Ponpes Al-Fathimiyah yang telah disusun secara matang oleh para pengasuh yang berkompeten di bidangnya. Aktivitas keseharian inilah yang menjadikan Ponpes Al-Fathimiyah memiliki ciri khas yang membedakan dengan Ponpes-ponpes lain.
Berikut ini adalah jadwal aktivitas santriwan dan santriwati Ponpes Al-Fathimiyah:
  • 03.30 – 04.00: Santriwan dan santriwati dibangunkan dari tidur untuk persiapan sholat tahajjud berjamaah dan wirid.
  • 04.00 – 05.00: Persiapan dan sholat subuh berjamaah.
  • 05.00 – 06.15: Istirahat dan persiapan sekolah formal MTs. atau SMK Al-Fathimiyah.
  • 06.15 – 13.00: Sekolah formal, dengan kegiatan belajar-mengajar yang khas sesuai dengan masing-masing jenjang pendidikan yang dipilih oleh santriwan dan santriwati.
  • 13.00 – 15.00: Istirahat.
  • 15.00 – 16.15: Sholat Ashar dan mengaji.
  • 16.15 – 17.30: Istirahat dan menghafal.
  • 17.30 – 18.00: Persiapan sholat Maghrib berjamaah.
  • 18.30 – 20.00: Jenjang DTA-DTW-dan alumni mengikuti program pengajian khusus (Takhassus).
  • 20.00 – 21.00: Makan malam dan belajar bersama.
  • 21.00 – 03.30: Istirahat.
Alhamdulillah, Ponpes Al-Fathimiyah telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Telukjambe Timur, Karawang, dan sekitarnya. Ini dapat dilihat dari jumlah santriwan dan santriwati yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Beberapa santri bahkan ada yang berasal dari luar kota Karawang, yakni dari Brebes dan Pemalang, Jawa Tengah.

Untuk kalender akademik tahun ini, Ponpes Al-Fathimiyah menerima santriwan dan santriwati untuk dididik menjadi insan yang kaaffah, yaitu pribadi muslim dan muslimah yang memiliki keseimbangan iman dan takwa dengan iman dan ilmu pengetahuan.

Biaya pendidikan di Ponpes Al-Fathimiyah sangatlah terjangkau, yakni per santriwan dan santriwati hanya dikenakan dua biaya pokok, yaitu uang makan (Rp.200.000) per bulan dan uang pembinaan, listrik, dan air (Rp30.000). Gedung asrama Ponpes Al-Fathimiyah terbilang cukup khas, karena tiap-tiap lokalnya diisi oleh maksimal enam orang, di mana kamar mandi dan tempat cuci-cuci terletak di dalam.

Dapatkan pemberitahuan update konten via email

Risalah Al-Fathimiyah