Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Fathimiyah

Madrasah Tsanawiyah (MTs.) adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berciri khas agama Islam. Mata pelajaran yang diaajarkan di MTs. sama dengan mata pelajaran di SMP UMUM. Kelebihannya siswa MTs. menerima mata pelajaran cirri khas MTs. yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebanyak 14 jam per minggu dengan berbagai cabang ilmunya yang masing-masing dipelajari melalui mata pelajaran tersendiri. Sedangkan di SMP UMUM mata pelajaran agama Islam hanya 2 jam per minggu.

Lulusan MTs./SMP Al-Fathimiyah akan memperoleh STTB/STK/IJAZAH NEGERI yang dapat digunakan untuk melanjutkan ke tingkat SLTA NEGERI maupun SWASTA seperti SMUN, MAN, SMKN dan jenjang pendidikan yang sederajat.

MTs. Al-Fathimiyah memiliki VISI yang sama dengan Yayasan Pendidikan Islam Al-Fathimiyah, yaitu: Membentuk Generasi Muslim yang Kaaffah, yaitu Generasi Muslim yang dapat Memahami, Menghayati, dan Mengamalkan Ajaran Islam secara Totalitas.

Sedangkan MISI MTs. Al-Fathimiyah adalah:
  1. Menyelengarakan proses pendidikan dan pengajaran yang berciri khas Islam dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa.
  2. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan yang relevan, keterampilan yang memadai dan atau karakter yang dapat diandalkan.
  3. Mempersiapkan peserta didik agar mampu menjadi khalifatullah yang berakhlaq mulia dalam arti mampu mengelola, mengembangkan dan melestarikan alam.
  4. Membentuk SDM yang dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dalam berbagai disiplin ilmu yang memadai.
  5. Menumbuhkembangkan, memberdayakan dan meningkatkan sumber potensi yang dimiliki dengan dilandasi semangat dan etos kerja yang baik dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
  6. Meningkatkan SDM yang berkualitas, sehingga mampu menciptakan suasana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang kondusif.
Secara khusus hadirnya MTs. Al-Fathimiyah bertujuan untuk Menciptakan Lulusan (Output) MTs./SMP Al-Fathimiyah yang Memiliki Pemahaman, Penghayatan, dan Pengamalan Ajaran Islam, serta Memiliki Dasar Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang cukup memadai untuk mewujudkan manusia yang berkualitas yang dilandasi Iman dan Takwa (IMTAK) kepada Allah SWT.

Status: Akreditasi Peringkat “A”.

Keunggulan MTs. Al-Fathimiyah:
  1. Ilmu Pengetahuan Agama Islam 14 jam per minggu (Al-Quran, Al-Hadits, Aqidah Ahlak, Fiqih, Sejarah kebudayaan Islam, Bahasa Arab, Praktik Ibadah dan Baca Tulis Al-Quran).
  2. Ilmu Pengetahuan Umum 30 jam per minggu (PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA Terpadu, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bahasa Sunda, Penjas, Seni Budaya).
  3. Bebas SPP (dibantu dana BOS regular dan propinsi).
  4. Beasiswa bagi siswa berprestasi dan tidak mampu secara ekonomi.
  5. Bebas uang bangunan, dan gedung dua lantai milik sendiri.
  6. Laboratorium computer.
  7. Perpustakaan.
  8. Koperasi.
  9. Tinggal di Pondok Pesantren Al-Fathimiyah bagi yang berminat.
Prestasi:
  1. Juara Umum Lintas Alam Se-Kwaran Telukjambe Timur.
  2. Peserta Lomba Tingkat II Tingkat Kabupaten Karawang Utusan Telukjambe Timur.
  3. Peserta Jambore Nasional (Jamnas) Di Jatinangor Sumedang.
  4. Juara II Invitasi Pencak Silat Cup Tingkat SMP.
Ekstrakurikuler:
  1. Club MIPA.
  2. Club Bahasa Inggris (Inggris dan Arab).
  3. Drumband.
  4. Pramuka.
  5. Olahraga.
  6. Seni Qasidah.
  7. Workshop Desain Grafis, Fotografi, dan Kaligrafi.

Dapatkan pemberitahuan update konten via email

Risalah Al-Fathimiyah